Senin, 16 Juli 2018

Sumenep,Madura is the best



Kabudajaan  SOENGENEP.

Hasil gambar untuk logo sumenep

            Assalamualaikum Wr.Wb

Hello gaess... tau gak sumenep itu daerah mana??kalo ada yang gak tau kudet itu HAHAA... J Sumenep itu ujung timur pulau Madura gaess... bay the way ya gaess lambang Sumenep itu memiliki makna yang bagus lohh.. kota kelahiran siapa dulu??Nindi gitu loh.. 
Terdapat gambar KUDA BERSAYAP yang berwarna kuning emas, diambil dari lambang kepahlawanan terkenal di daerah tingkat II Sumenep yang ada hubungannya dengan cerita kuno yaitu kuda Skati dari Pahlawan Putra Sumenep DJOKO TOLE (Aria Panole) dengan lukisan kuda itu melambangkan jiwa keberanian dan patriotisme mesyarakat daerah Tingkat II Sumenep, dan sayap dari kuda itu melambangkan jiwa penuh dinamika. Sedang warna kuning melambangkan dasar mengagungkan Tuhan Yang Maha Esa yang menyoroti setiap gerak dan usaha Daerah Tingkat II Sumenep. Selaras pula dengan dasar pertama dari Pancasila. Selain gambar lukisan kuda bersayap berwarna kuning emas tersebut, ditetapkan pula adanya PITA yang berisikan tulisan SUMEKAR (Nama Sumenep diwaktu jaman nenek moyang kita).

Makna dari kata Sumekar itu ialah senantiasa berkembang (mekar) yang sesuai sekali dengan perkembangan revolusi nasional kita yang terus berkembang "in the rising deman" mencapai terwujudnya cita-cita Pancasila amanat penderitaan rakyat yang terkenal dengan SOSIALISME INDONESIA.
Selain itu Pulau madura tepatnya Kabupaten Sumenep banyak dikenal karena banyaknya tempat wisata yang unik. Makanya kalo pas weekend gausah bingung mau berlibur kemana langsung ke sumenep aja gabakalan nyesel deh pokoknya gaes..wisata disumenep beragam dan juga untuk biaya hidup disini murah kok beda dikota-kota besar jadi cocok banget dehh buat weekend.


Tradisi sakral yang hingga kini masih dilestarikan oleh masyarakat Madura adalah tradisi toron tanah (turun tanah) yang biasanya dilakukan pada bayi mungil yang berusia 7 bulan.
Tradisi ini digelar sebagai bentuk harapan agar kelak anak bisa menjadi orang yang berguna. Sebelum acara digelar, bayi dimandikan terlebih dulu. Sedangkan tamu – tamu yang diundang dalam tradisi ini adalah anak – anak. Tokoh masyarakat kemudian diminta membacakan zikir dan doa bersama.
Setelah doa selesai, bayi dibiarkan mengambil barang – barang yang disediakan didepannya seperti buku, pulpen, tasbih dan Al Qur’an agar kelak anak menjadi rajin, pintar dan tumbuh menjadi anak yang sholeh.
Keunikannya ini nihh gaess.. Jika bayi mengambil sisir misalnya, diyakini kelak dia akan suka besolek dan selalu tampil dengan rapi. Demikian pula, bila dia mengambil bolpen atau pensil, bayi tersebut diyakini akan pandai menulis. Alat atau benda tersebut merupakan simbol yang menunjukkan bahwa sejak usia tersebut, anak-anak sudah mulai mengenal apa yang  harus ia lakukan kelak.


Hasil gambar untuk gili iyang

Ini nihh gaes yang paling sapisial ehh spesial dari kabupaten sumenep,memiliki banyak pulau dan salah satu pulaunya itu memiliki kadar oksigen terbaik sedunia, yakni 21,5 persen. Nama pulaunya GILI  IYANG. Siapa nih yang pengen awet muda?? Pasti semua orang pengenn kann... mangkanya cepet” deh ke sumenep mengunjungi pulau yang satu ini kalau perlu menetap disana,mandi sepuasnya langsung. Airnya juga jernih banget,sampai terumbu karang nya aja keliatan padahal dasar lautnya dalem banget.

Waktu tempuh dari pelabuhan Dungkek ke Pulau Giliyang antara 45 menit sampai 60 menit dalam kondisi cuaca normal. Tiba di Gili Iyang, Anda tinggal menyewa kendaraan di kawasan pelabuhan untuk menuju titik oksigen terbaik di Desa Bancamara. Bila pengunjung merasa punya banyak waktu untuk tinggal, maka pengunjung bisa bermalam di homestay yang menjadi satu dengan pemilik rumah.

Nahh... itulah keunikan serta kebudayaan yang ada di Sumenep gaess... Ku tunggu di Sumenep yahJ
Semoga bermanfaat kawan...

            Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar